Laporan dari Singapura: LG Sudah Bikin TV Layar Gulung, Samsung Kapan?

26 March 2019 by
Laporan dari Singapura: LG Sudah Bikin TV Layar Gulung, Samsung Kapan?

(Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Berbicara soal perangkat TV, apalagi TV pintar, kemungkinan ada dua brand besar yang muncul di benak kebanyakan orang. Dua brand besar yang sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Inovasi TV pintar yang belum lama ini dipamerkan secara besar-besaran adalah ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas pada Januari lalu. Di perhelatan itu, LG menarik perhatian dengan TV pintar dengan konsep layar yang bisa digulung.

Ukuran layarnya pun jumbo, yakni sekitar 65 inci dengan resolusi 4K. Diberi nama LG Signature OLED TV R model 65R9, panel layarnya memang lentur sehingga dapat digulung. Memang sih, baru perangkat purwarupa. Yang jelas, panel OLED memang fleksibel dan bisa dikembangkan untuk perangkat foldable.

Lalu, pesaing LG, yakni Samsung pada Senin (25/3) menggelar Samsung Forum di Singapura. Dari berbagai macam produk anyar, Samsung fokus pada pengembangan TV pintar resolusi 8K. Namun, layarnya tetap konvensional, gak lentur, fleksibel sama sekali.

Baca juga: Laporan dari Singapura: Samsung Pamer TV Pintar Layar Jumbo Resolusi 8K

Lantas, kapan ya kira-kira Samsung minat kembangkan TV pintar layar gulung nan fleksibel seperti LG?

“Layar gulung yang fleksibel begitu kemungkinan besar menggunakan panel layar OLED. Saat ini kita belum memutuskan untuk mengembangkan layar OLED uang dulunya pernah dipakai,” ungkap Ubay Bayanudin selaku Senior Product Manager Samsung Electronic Indonesia kepada Uzone.id usai jumpa pers Samsung Forum 2019 di Resort World Sentosa, Singapura.

Dia melanjutkan, “sekarang ini Samsung masih percaya bahwa panel paling tepat untuk perangkat TV pintar kami adalah QLED. Gak ada yang gak mungkin di dunia ini, tapi ya saat ini intinya belum ada omongan ke arah [bikin TV layar fleksibel]. Selain cost-nya mahal, belum tentu feasible secara market, ‘kan percuma nantinya kalau gak banyak yang minat.”

Baca juga: LG Pamer TV 65 Inci yang Bisa Digulung

Bisa dibilang, TV pintar dengan panel QLED memang sudah menjadi khas Samsung. Dalam forum Samsung Forum tahun ini, Samsung memamerkan setidaknya empat TV pintar QLED yang menarik perhatian, yakni resolusinya 8K.

Diberi nama Q900R, ukurannya terdiri dari 65 inci, 75 inci, 82 inci, dan 98 inci.

Harganya keempat TV tersebut juga fantastis.

Q900R ukuran 65 inci dibanderol Rp80,49 juta, 75 inci dilepas di pasaran seharga Rp119,99 juta, 82 inci harganya Rp166,9 juta, dan tak lupa yang terbesar 98 inci harganya sudah pasti tertinggi, yakni Rp1,5 miliar.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

118 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Nalia Nami 26 May 2019 | 13:11:13

samsung layar lipatnya aja berkendala

adhi gusrang 26 May 2019 | 12:43:43

pasti belinya mahal trus mau diapain kalau bisa di gulung

Martha Ilahi 26 May 2019 | 12:42:51

samsung yang di hulunh hapenya mudah rusak

Hearty 26 May 2019 | 12:37:46

“Layar gulung yang fleksibel begitu kemungkinan besar menggunakan panel layar OLED.

Arifin Arif 26 May 2019 | 10:42:34

samsung itu fokusnya ke arah ponsel pintar saja

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top