home ×
Technology

Tips Charging Ponsel Biar Baterai Gak Cepat Rusak

12 August 2019 By
Tips <i>Charging</i> Ponsel Biar Baterai Gak Cepat Rusak
Uzone

(Ilustrasi)

Uzone.id -- Penggunaan ponsel pintar terkadang banyak dramanya. Tak cuma perkara ‘kecanduan’ media sosial aja, tapi juga tata cara memakai barang itu sendiri. Salah satunya pengisian daya ulang baterai.

Akuin deh gaes, pasti kalian suka berpikir ‘kan, kenapa semakin lama menggunakan ponsel, rasanya baterai tuh gampang lesunya. Maka, gak heran biasanya kemampuan baterai jadi sering ditanya sebelum beli ponsel baru.

Mau ponsel baru dibeli atau gak, ada beberapa cara charging ponsel namun bakal mencegah baterai ponsel kamu cepat rusak. Baca terus makanya!

1. Jangan tunggu baterai sampai habis banget

‘Aturan’ utama agar menjaga kondisi baterai ponsel tetap prima adalah, jangan biarkan sampai habis banget. Mengutip TechAdvisor, usahakan jaga daya baterai kamu di kondisi 50 sampai 90 persen. 

Jadi, kalau kamu lihat baterai ponsel kamu sudah berada di bawah 50 persen, jangan ragu untuk charging. Hindari kebiasaan membiarkan baterai di bawah 20 persen.

via GIPHY

2. Jangan ditinggal semalaman

Ini pasti sering dianjurkan oleh orang tua masing-masing, ‘kan?

Mayoritas pengguna seakan malas menunggu baterai ponsel terisi sampai penuh, khususnya saat malam hari, makanya sering ditinggal tidur. Daripada kamu tinggal dalam keadaan charging semalaman suntuk yang justru bisa merusak, lebih baik kamu cabut sebelum menyentuh angka 100 persen. 

Banyak pakar yang merekomendasikan pengisian daya ulang dari 0 persen sampai 100 persen dilakukan sekali dalam sebulan untuk mengkalibrasi ulang baterai.

Baca juga: Tips Foto Like a Pro Pakai Oppo Reno 10x Zoom

3. Lepas case ponsel

Kalau kamu meninggalkan ponsel dalam keadaan di-charge, sebisa mungkin lepas dulu case ponselmu yang lucu-lucu itu untuk menghindari over-heating pada baterai.

4. Jangan lupa diri sama fast-charging

Ponsel kekinian sudah banyak yang didukung oleh kemampuan fast-charging. Teknologi ini diyakini gak akan merusak baterai ponsel, tapi justru tingkat panasnya itu.

Jadi, kalau kamu isi daya ulang baterai pakai kemampuan fast-charging, tetap harus perhatikan waktu. Namanya juga “fast-charging”, sudah pasti dia bisa mengisi dengan cepat. Jangan sampai terlena dan akhirnya membiarkan ponselmu di-charge dalam waktu normal atau malah kebablasan, karena… sama aja bohong.

via GIPHY

5. Hindari pakai charger asal-asalan

Selama masih bisa pakai charger bawaan asli ponsel, gak perlu kamu kepikiran untuk beli charger pihak ketiga atau asal beli yang murah di toko atau e-commerce. 

Minimal, pastikan dulu apakah charger itu dianggap aman oleh pemanufaktur ponselmu. 

Banyak kejadian charger murah meriah tapi cepat merusak baterai, bahkan menimbulkan malfungsi yang sampai menciptakan kebakaran.

282 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
transboy5 27 October 2019 | 08:07:27

aku juga kalau ngecas dengan aturan seperti itu akan bikin baterai saya gak cepat rusak

transboy5 27 October 2019 | 08:07:25

aku juga kalau ngecas dengan aturan seperti itu akan bikin baterai saya gak cepat rusak

DimasHardstyle 09 October 2019 | 13:51:01

jadi itu berapa tips agar baterai tetap awet nya mantap makasih nihh

Charlot Katakuri 07 October 2019 | 20:11:25

jadi itu beberapa tips agar baterai tetap awet

archan somchart 01 October 2019 | 10:40:04

berguna banget ni tips biar batrai ponsel kita tak gampang rusak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article