Tren Smartphone 2019, Siap-siap Kamera Makin Banyak

02 January 2019 by
Tren <i>Smartphone</i> 2019, Siap-siap Kamera Makin Banyak

Uzone.id -- Kalau kamu jadi salah satu orang yang merasa kamera banyak di smartphone adalah hal yang lebay, tandanya harus siap menerima kelebayan berikutnya. Tren ini tampaknya akan berlanjut di 2019.

Salah satu hal menarik dari tren teknologi sepanjang 2018 adalah dual camera atau kamera ganda di bagian belakang ponsel mulai kalah popularitasnya dengan triple camera (tiga lensa kamera) sampai quad camera (empat lensa kamera). Deretan produk tersebut yang berhasil menarik perhatian konsumen di antaranya Huawei P20 Pro, Samsung Galaxy A7, hingga Galaxy A9.

Mari dimulai dari Nokia.

Diberi nama Nokia 9, belum lama ini penampakannya dibocorkan di media sosial oleh Evan Blass, seorang pemerhati teknologi dan kerap membocorkan isu-isu seputar gadget.

Dari foto yang diunggahnya di Twitter, Nokia 9 dipercaya mengusung kamera PureView, branding teknologi kamera yang telah digunakan Nokia 808 PureView. Sebelumnya, teknologi ini digunakan perangkat mobile Microsoft. Biasanya resolusinya sangat tinggi bisa mencapai 41MP dengan optik Carl Zeiss.


Namun daya tariknya terletak pada jumlah lensa kamera pada bagian belakang ponsel: ada 5 lensa.

Mengutip The Next Web, lima kamera tersebut terdiri dari lensa berwarna, monokrom, telephoto, dan perpaduan multi-lensa piksel yang dapat membantu fleksibilitas saat menangkap objek. Sementara belum ada bocoran lebih rinci mengenai besaran resolusi megapiksel.

Desainnya pun unik. Kebanyakan ponsel menggunakan desain kamera sejajar secara vertikal di bagian pinggir kiri punggung bodi. Nah, 5 kamera Nokia 9 semuanya berukuran kecil, terletak secara ‘mengacak’ di bagian tengah atas bodi dan membentuk formasi membulat.

Tiap lensa didesain tidak menonjol keluar, melainkan seperti terbenam di bodi ponsel. Tampak ada flash juga di dekat lingkaran lensa kamera.

Baca juga: 5 Smartphone dengan Kamera Banyak yang Dirilis Sepanjang 2018

Dari bocoran gambar tersebut tak terlihat ada sensor sidik jari di bagian belakang karena Nokia 9 dipercaya memiliki pemindai sidik jari yang terletak di layar ponsel.

Jika hal ini akurat, maka Nokia 9 bakal menjadi ponsel pintar pertama di dunia yang mengusung 5 kamera utama yang terletak di punggung bodi.

Sejauh ini, baru Samsung Galaxy A9 yang memegang ‘rekor’ sebagai kamera ponsel terbanyak yakni berjumlah 4 lensa di bagian belakang. Galaxy A9 sendiri baru meluncur di pasar Indonesia pada November 2018.

Sayangnya, Blass tidak membeberkan mengenai tanggal rilis ponsel ini. Minimal, pada dua ajang besar teknologi yakni CES dan MWC 2019 kita akan mendapat kabar terbaru dari Nokia.

Selain Nokia, perusahaan asal Korea Selatan LG juga dilaporkan mengantongi dua paten yang memungkinkan vendor ini meluncurkan ponsel pintar dengan jumlah kamera banyak.

(Ilustrasi konsep ponsel anyar LG dengan kamera banyak/Foto: USPTO)

Pertama, LG bisa jadi mengusung 7 kamera pada ponsel anyarnya yang disebut-sebut akan memiliki desain melengkung. Kedua, ponsel pintar LG dengan 16 kamera utama yang kabarnya dapat menangkap gambar bergerak.

Meski para produsen ponsel pintar berpikir semakin banyak lensa maka semakin keren, seorang analis IDC, Navkendar Singh berpendapat bahwa kamera banyak saja belum cukup maksimal untuk menarik konsumen.

“Perusahaan terus-terusan menambah lensa di ponsel dan tren ini akan berlanjut di 2019. Meski begitu, konsumen tidak langsung termakan oleh hal itu. Para vendor harus mencari cara agar kamera-kamera ini menghasilkan jepretan yang inovatif,” ungkap Singh.

Baca juga: 5 Hal Viral di Internet Sepanjang 2018, dari Bowo Tiktok Sampai Operasi Plastik

Selain persoalan kamera banyak, ternyata tahun 2019 ini bisa menjadi ajang perang resolusi megapiksel seperti era 2007-2010 yang diramaikan oleh produk seperti Nokia 6600, Sony Ericsson seri Walkman, dan lain-lain.

Ponsel Honor dan Xiaomi beberapa waktu lalu sempat mengumumkan siap merilis ponsel berkamera 48MP di tahun ini. Kalau dipikir-pikir, resolusi tinggi begini tampaknya bisa berguna kalau kita berniat mencetak foto untuk dipajang di billboard… he-he-he.

Terlepas dari berapa besarnya megapiksel, apa yang diucapkan Singh memang ada benarnya. Pada dasarnya bukan perkara berapa besar megapiksel, namun hal terpenting adalah kualitas dari lensa tersebut dan kemampuan teknologi yang memproses gambar.

Semoga saja tren smartphone di tahun 2019 ini bisa jauh lebih baik dari segi kualitas, ya.

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

3306 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Hasmy Hasmy 23 January 2019 | 04:32:50

waw kameranya di mana mana munkin di tahun 2020 nanti kamera udah penuh di bagian belakang hp

Sandy 423 23 January 2019 | 01:41:17

Perusahaan terus-terusan menambah lensa di ponsel

Ardian Pradana 23 January 2019 | 00:53:35

Kamera ada di mana mana

samura x 23 January 2019 | 00:48:17

siap siap kemaren makin banyal tren

kiply macho 23 January 2019 | 00:38:58

alau kamu jadi salah satu orang yang merasa kamera banyak di smartphone adalah hal yang lebay,

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top